TULISAN BERJALAN

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Rabu, 28 Januari 2015

KEWIRAUSAHAAN



MERUMUSKAN SOLUSI MASALAH

A.    Pengertian Masalah 

-          Masalah adalah segala sesuatu yang dapat menghambat tercapainya tujuan yang ingin dicapai.
-          Masalah adalah hambatan yang dihadapi seseorang dalam mencapai tujuan dan orang tersebut tidak mampu memecahkannya pada saat itu juga.

B.     Teknik-Teknik Pemecahan Masalah dan Pembuat Keputusan

-          Pemecahan masalah merupakan kegiatan yang penting dalam usaha atau bisnis
-          3 hal yang harus diketahui seorang wirausaha dalam memecahkan masalah:
1.      Informasi tentang masalah yang dihadapi
2.      Pengetahuan atau pengalaman yang dimilikinya
3.      Memiliki keahlian dan keterampilan
-          Teknik pengambilan keputasan dalam memecahkan masalah yaitu:
1.      Intuisi, pemecahan masalah berdasarkan perasaan orang yang membuat keputusan
2.      Fakta, keputusan diambil berdasarkan fakta (kejadian) yang sebenarnya di lapangan
3.      Pengalaman, memerhatikan kejadian-kejadian di masa lalu sebagai  pentunjuk membuat keputusan
4.      Keterampilan, didasarkan pada keterampilan sehingga mampu mengendalikan keinginan dan kemauannya


C.    Mengidentifikasi Masalah dan Penyebabnya

Langkah dalam memecahkan suatu masalah yaitu mengidentifikasi, mencari penyebab timbulnya masalah.
Untuk mengidentifikasi masalah, seorang wirausaha harus memiliki sumber informasi. Jenis-jenis informasi yang diperlukan yaitu:
1.     Informasi kuantitaif, berisi nilai yang dapat dihitung
2.     Informasi kualitatif, berisi nilai yang dapat dirasa, seperti perubahan produk, mutu produk
3.     Informasi kontrol, berisi tentang pemberian petunjuk tentang perubahan produk
4.     Informasi simbol, berisi tentang pentujuk-petunjuk dalam rambu-rambu bisnis

Informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalah, yaitu:
1.     Aktual: terbaru, terkini
2.     Terpercaya: berasal dari sumber yang dipercaya, jelas
3.     Jelas dan lengkap: integration, berdasarkan fakta dan bersifat menyeluruh

Bentuk informasi yang diperlukan wirausahawan yaitu:
1.     Informasi atas orang (gaji/upah)
2.     Informasi investasi
3.     Informasi operasi dan modal (pencatatan dan laporan)
4.     Informasi pendukung (pesaing, gudang atau pemasaran)

D.    Menentukan Alternatif Pemecahan Masalah

Untuk menentukan dan mengambil keputusan yang tepat, kita harus mempunyai beberapa alternatif untuk dipilih.
Menurut Basu Shwasta, ada 3 macam teknik dalam menganalisis alternatif pemecahan masalah, yaitu:
1.     Operation Research
Operation research disebut managemen science. Merupakan pendekatan utama untuk menyelesaikan masalah.
5 tahap penerapan operation research:
1.     Merumuskan masalah
2.     Membuat model matematis untuk menggambarkan sistem yang sedang diteliti
3.     Membuat pemecahan dari model tersebut
4.     Menguji motel tersebut dan membuat penyelesainnya
5.     Mengendalikan pemecahan tersebut

2.     Capital Budgeting
4 tahap dalam pengambilan keputusan dalam pengeluaran modal:
1.      Membuat beberapa alternative proyek investasi
2.      Mengevaluasi pro dan kontra dari masing-masing alternatif
3.      Memilih satu alternatif
4.      Menerapkan keputusan

3.     Break Event Analysis/Titik Impas
Analisis break event membantu menentukan volume penjualan yang akan menghasilkan keuntungan atau kerugian.
break event yaitu titik dimana penghasilan sama dengan biaya
4 konsep pokok dari analisis break event:
1.      Fixed cost (biaya tetap), yaitu biaya yang tidak berubah meski volume produksi berubah
2.      Variabel cost (biaya bahan baku/variabel), yaitu biaya yang berubah sesuai dengan perubahan volume produksi
3.      Revenue (pendapatan), yaitu jumlah pendapatan yang diterima
4.      Profit (laba), yaitu sisa penghasilan setelah dikurangi biaya tetap dan biaya variabel

E.     Proses Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan merupakan satu di antara kunci keberhasilan dalam manajemen bisnis
3 sifat penting dalam proses pemecahan masalah dan pengambilan keputusan:
1.     Sistematis, teratur menurut pola yang tersusun rapi
2.     Analisis, setiap data dan fakta yang diolah, dianalisis secara cermat dan tepat
3.     Rasional (logis), dalam diterima oleh akal yang pikiran yang sehat

Ø Pertimbangan-pertimbangan dalam Merumuskan Masalah

Faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan:
1.     Faktor orang, harus memerhatikan orang-orang yang terkena dampak keputusan yang dihasilkan
2.     Faktor psikologis, memerhatikan masalah dalam diri kita sendiri
3.     Faktor sasaran, harus mendorong tercapainya sasaran
4.     Faktor fisik, harus ditransferkan ke arah tindakan (action)
5.     Faktor waktu, menggunakan waktu yang efektif dan efisien
6.     Faktor pelaksanaan, akan menimbulkan suatu rangakaian
7.     Faktor sarana, penggunaan alat dalam memperlancar keputusan yang diambil

Pertimbangan dalam membuat keputusan didasarkan kepada:
1.     Keputusan yang diambil harus objektif
2.     Tindakan dalam mengambil keputusan tepat dan akurat
3.     Konsekuensi pilihan dengan cara menilai layak tidaknya suatu pilihan
4.     Tindakan pelaksanaan

F.     Dampak Pengambilan Keputusan

Keputusan yang diambil harus dipertimbangkan, jangan asal-asalan.
Syarat keputusan yang baik, yaitu:
1.     Harus dapat diterima seluruh pihak terkait
2.     Harus memiliki data dan fakta yang jelas
3.     Harus sesuai dengan perubahan yang terjadi di dunia bisnis


*Semoga Bermanfaat :)
By Fitri Ayu Wahyuni


Tidak ada komentar:

Posting Komentar